Andi Taufan Tiro Yakin, PPIP Percepat Kemajuan Desa

PPIP adalah Program Percepatan Pembangunan Infrastruktur Perdesaan

Mayoritas penduduk di Kabupaten Bone tinggal di pedesaan, termasuk di desa terpencil. Mereka butuh bantuan pembangunan. Dalam bentuk perbaikan jalan desa, jalur irigasi pertanian, pembuatan sumber air bersih, pengadaan sumber energi, dan fasilitas umum lain (seperti sekolah, puskesmas, dan lain-lain)..

Jika tak ada sentuhan pembangunan, maka masyarakat desa di Kabupaten Bone akan terus terbelenggu ancaman kemiskinan. Mereka akan sulit melakukan perbaikan hidup. Padahal, Menurut data dari BPS (Badan Pusat Statistik) Kabupaten Bone, Jumlah penduduk miskin di Kabupaten Bone saat ini mencapai 14,08 % (dari total penduduk). Secara absolut, penduduk miskin pada tahun 2010 tercatat 101.100 jiwa.

Saat ini, pemerintah pusat gencar mengembangkan realisasi program Pembangunan Infrastruktur Perdesaan (PPIP). Sasaran program tertuju kepada desa yang berstatus tertinggal. Pola bantuan dilakukan dengan partisipatif dan swadaya (artinya melibatkan orang-orang di desa).

Peluang tersebut, menjadi fokus perjuangan Ir. Andi Taufan Tiro. Sebagai Anggota DPR RI di Komisi V (yang membidangi pembangunan daerah), ia tak lelah mengajukan usulan dan aspirasi.

Hasilnya langsung terlihat. Untuk tahun 2013 nanti, setidaknya terdapat 73 Desa di seluruh kecamatan di Kab. Bone, mendapat bantuan PPIP. Besar anggaran per program adalah Rp. 250 juta per desa.

Menurut  pria yang akrab disapa ATT ini, PPIP akan berdampak langsung pada perbaikan kualitas hidup rakyat. Karena rakyat desa akan memiliki ruas jalan yang layak pakai, punya sumber air bersih, dibangunkan irigasi, dan memperoleh akses terhadap energi.

“Bagaimanapun,” jelas ATT, “Program PPIP ini harus sukses. Masyarakat desa harus terlibat dalam mensukseskannya.”

 

 

Tujuan PPIP

Tujuan PPIP adalah untuk mewujudkan peningkatan akses masyarakat miskin, hampir miskin, dan kaum perempuan, termasuk kaum minoritas terhadap pelayanan infrastruktur dasar perdesaan berbasis pemberdayaan masyarakat dalam tata kelola pemerintahan yang baik.

Program pembangunan infrastruktur perdesaan atau yang lebih dikenal sebagai PPIP berupaya menciptakan dan meningkatkan kualitas kehidupan masyarakat, baik secara individu maupun kelompok, melalui partisipasi dalam memecahkan berbagai permasalahan yang terkait kemiskinan dan ketertinggalan desanya sebagai upaya meningkatkan kualitas kehidupan, kemandirian dan kesejahteraan masyarakat.

PPIP merupakan program berbasis pemberdayaan di bawah payung PNPM Mandiri, yang bantuannya meliputi fasilitasi dan memobilisasi masyarakat dalam melakukan identifikasi permasalahan kemiskinan, menyusun perencanaan dan melaksanakan pembangunan infrastruktur desanya.

 

 

 

 

 

 

 

 

Be Sociable, Share!

One comment on “Andi Taufan Tiro Yakin, PPIP Percepat Kemajuan Desa

  1. nfal s panrita says:

    Salah satu calon memanfaatkan jaringan PNPM sebagai wadah kampanye, klaim keberhasilan, dll …..

    Tidak banyak yg tahu bahwa PPIP adalah salah satu hasil perjuangan ATT …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

WP-SpamFree by Pole Position Marketing

http://ajleeonline.com/